Langsung ke konten utama

KONSEP MEDIA INTERAKTIF

KONSEP MEDIA INTERAKTIF






Definisi Media Interaktif
Media interaktif adalah metode komunikasi di mana output dari media berasal dari masukan dari pengguna. Media masih memiliki tujuan yang sama tapi masukan pengguna menambahkan interaksi dan membawa fitur-fitur menarik untuk sistem untuk kenikmatan yang lebih baik. Media interaktif biasanya mengacu pada produk dan layanan digital pada sistem berbasis komputer yang merespon tindakan pengguna dengan menyajikan konten seperti teks, gambar bergerak, animasi, video, audio, dan video game.

Definisi Multimedia Interaktif
Multimedia interaktif adalah media yang menggabungkan teks, grafik, video, animasi dan suara. Untuk menyampaikan suatu pesan dan informasi,  melalui media elektronik seperti komputer dan perangkat elektronik lainnya.

Pengertian Multimedia Interaktif Menurut Ahli

  1. Menurut Robin dan Linda (seperti dikutip Benardo, 2011) Multimedia interaktif adalah alat yang dapat menciptakan persentasi yang dinamis dan interaktif, yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video.
  2. Menurut Hofstetter (seperti dikutip Benardo, 2011) Multimedia interaktif adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berintraksi, berkreasi dan berkomunikasi
  3. Sesuai dengan pendapat Vaughan (1994: 4) multimedia adalah “berbagai kombinasi dari teks, grafik, suara, animasi, dan video yang disampaikan dengan menggunakan komputer atau alat elektronik lainnya”.
  4. Rada (1995) berpendapat bahwa “multimedia merujuk ke perpaduan/sinkronisasi aliran media (any synchronized media stream)”.  Sebagai contoh dari multimedia adalah gambar bergerak yang sinkron dengan suara (termasuk siaran televisi dan film modern) (Green & Brown, 2002: 2).
  5. Heinich, Molenda, Russell & Smaldino (1999: 229) berpendapat, “multimedia merujuk kepada berbagai kombinasi dari dua atau lebih format media yang terintegrasi kedalam bentuk informasi atau program instruksi”.


Manfaat Media Interaktif
1.    Secara umum manfaat Multimedia Interaktif dapat dijadikan media :
a.    Promosi (Company Profile,Iklan)
b.    Tutorial (Panduan penggunaan alat)
c.    Hiburan (Game)
d.    Dll

2.    Manfaat Multimedia Interaktif dalam bidang Pendidikan / Khususnya Pembelajaran
a.    Lebih interaktif, atau bisa ikut aktif bertanya dan memberikan pendapat.
b.    Lebih menarik siswa dalam kegiatan belajar.
c.    Proses belajar dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun untuk meningkatkan minat belajar.
d.    Tidak terlalu memerlukan banyak waktu mengajar/face to face.

3.    Sedangkan keunggulan multimedia dalam hal pembelajaran antara lain  sebagai berikut :
a.    Memperbesar benda yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata, seperti kuman, bakteri, elektron, dan lain-lain.
b.    Memperkecil benda yang sangat besar, yang tidak mungkin dihadirkan di sekolah, seperti gajah, rumah, gunung dan lain-lain.
c.    Menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks, rumit dan berlangsung cepat atau lambat, seperti sistem tubuh manusia, bekerjanya suatu mesin, beredarnya planet Mars, berkembangnya bunga dan lain-lain.
d.    Menyajikan benda atau peristiwa yang jauh, seperti bulan, bintang, salju dan lain-lain.
e.    Menyajikan benda atau peristiwa yang berbahaya, seperti letusan gunung berapi, harimau, racun dan lain-lain.
f.     Meningkatkan daya tarik dan perhatian siswa.

Manfaat Multimedia Interaktif  yang lainnya yaitu sebagai media jual beli dengan promosi, kemudian dapat menjadi panduan dalam berbagai hal  misalnya, panduan membuat sesuatu karya atau menggunakan barang tertentu dll.

Tools Media Interaktif.
1.    Hardware Yang Digunakan Dalam Media Interaktif
A.   Monitor,
B.   Hardisk,
C.   Video proyektor,
D.   Speaker.dll
E.   Small Computer System Interface (SCSI)
F.    Media Control Interface (MCI)
G.   Intergrated Drive Electronic (IDE)
H.   Universal Serial Bus (USB)
I.      High-Definition Multimedia Interface (HDMI)

2.    Software Yang Digunakan Dalam Media Interaktif

A.   Kelompok OS
1.    Windows
Windows adalah salah satu OS yang paling banyak digunakan saat ini. Pada tahun 1990 Windows dikeluarkan pertama kali oleh Perusahaan Microsoft Corporation yang dinamai dengan windows 3.0 yang berbasis GUI. Ada banyak sekali versi yang dikeluarkan oleh windows tapi yang paling banyak digunakan belakangan ini yaitu versi: windows 7, windows 8, dan versi terbarunya yaitu windows 10. Windows sendiri menawarkan kemudahan cara pengoperasiannya bagi para User.
2.   Microsoft DOS (Disk Operating System)
DOS adalah salah satu sistem operasi yang banyak digunakan oleh komputer IMB-PC maupun oleh komputer yang kampatibel dengan OS Microsoft DOS. Mic DOS dilauching pertama kali di tahun 1981. OS ini dibuat oleh tim petterson dari perusahaan Seatle Computer Products(SCT) sebelum dikembangkan oleh Microsoft.
3.   Macintosh (Mac OS)
Adalah Operating system yang diciptakan khusus untuk komputer macintosh serta OS ini tidak kompatibel dengan Personal Computer yang berbasi IMB. MAC OS pertamakali dikenalkan secara public pada tahun 1984, Os ini dibuat oleh Apple Computer
4.   Linux
Linux merupakan salah satu OS yang bertipe Unix modular. Linux diperkirakan dikembangkan sekitar tahu 1970-an hingga 1980-an. Linux menggunakan kernel Monolitik. Perbedaan OS linux dari disistem operasi yang lain yaitu OS ini memiliki kernel dan komponen-komponen yang terbuka.
5.    Unix
Unix merupakan OS yang banyak digunakan di komputer supercomputer dan mainframe, atau lebih tepatnya di perusahaan besar yang menggunakan supercomputer untuk menglola data yang sangat besar.

B.   Kelompok Aplikasi
1.     Program pengolah kata,
contohnya Microsoft Word, Word Pad, WordStar, dan Adobe PageMaker
2.    Program pengolah angka
contohnya Microsoft Excel, lotus 123, dan Quattro P
3.    Program database
contohnya Microsoft Access, Paradox, Visual dBase, dan dBase 111+.
4.    Program presentasi
contohnya Microsoft PowerPoint dan Macromedia Flash.
5.    Program grafis
contohnya CorelDRAW, Adobe Photoshop, dan Macromedia FreeHand.
6.    Program teknis
contohnya Visio, AutoCAD, dan Visio Architecture.
7.    Program akuntansi
contohnya MYOB, DEA, General ledger, dan Sybiz.
8.    Program olah data statistic
contohnya SPSS.

C.   Kelompok Utility
1.    Antivirus
 contoh : perangkat lunak antivirus diantaranya AVG Antivirus, Microsoft Security Essentials, Avira, McAfee, Kaspersky, BitDefender, SmadAV dan PCMAV.\
2.    Archivers dan Data Compression
3.    Backup software
4.    Disk Checkers
5.    Disk Cleaners
6.    Disk Defragmenters
7.    Disk Partition Editors
8.    Registry Cleaner
9.    Startup Manager

Sumber :



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seputar Microsoft Powerpoint

Microsoft Powerpoint :> Sejarah Microsoft Powerpoint  Microsoft Powerpoint adalah sebuah program aplikasi microsoft office yang berguna sebagai media presentasi dengan menggunakan beberapa slide.  Microsoft Powerpoint dikembangkan pertama kali oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin. Waktu itu, microsoft powerpoint digunakan sebagai presenter untuk perusahaan Forethought. Inc yang kemudian namanya diubah menjadi Powerpoint.  Powerpoint versi 1 dirilis pada tahun 1987 dan komputer yang didukungnya adalah Macintosh. Di tahun berikutnya, microsoft powerpoint muncul dengan dukungan warna setelah macintosh berwarna muncul dipasaran.  Sampai saat ini Microsoft PowerPoint terus berkembang dan mengalami penambahan fitur dari tahun ke tahunnya. Versi terbaru dari Ms. Powerpoint adalah Microsoft Office PowerPoint 2013 (versi 15) yang dirilis bulan Januari 2015.  Dalam Microsoft PowerPoint 2013 ini, antarmuka dengan pengguna dan grafik sangat ditingkatkan sehi

Desain Visual Dalam Evaluasi Produk Web

Desain Visual Dalam Evaluasi Produk Web Memiliki website yang fungsional, efisien, mudah digunakan, dan atraktif di saat yang sama, memerlukan prinsip dan konsep. Arsitektur informasi, desain komunikasi visual, grafis, warna, jenis huruf, keseimbangan, dan tata letak adalah contoh elemen desain web penting dalam menentukan desain. Dua ilmu dasar yang kamu perlu untuk bisa mendesain web adalah desain komunikasi visual dan pemrograman. Setiap desain akan disesuaikan dengan maksud dan tujuan masing-masing website. Tetapi, memahami  hal-hal dasar tentang desain  yang baik dan buruk akan membantu membuat website terlihat lebih baik. Desain itu sendiri adalah proses membuat dan mengkomunikasikan gagasan dalam bentuk gambar atau visual. Tujuan adanya desain adalah untuk menciptakan suatu harmoni dan mencapai satu kesatuan. Proses Pengembangan Website Sebelum akhirnya mendesain tampilan website, kamu harus memahami proses pengembangan website terlebih dahulu. Prose